Senin, 16 Maret 2015

MEBELER SEKOLAH JATI; MEBELER SEKOLAH BERKUALITAS DAN AWET



MEBELER SEKOLAH JATI; MEBELER SEKOLAH BERKUALITAS DAN AWET

Mebeler atau meubelair secara umum berarti perabotan rumah tangga. Istilah mebeler atau meubelair seringkali digunakan dalam menyebutkan perabotan-perabotan rumah tangga dalam berbagai bidang; kata mebeler atau meubelair melekat pada istilah mebeler sekolah, meubelair perpustakaan, mebeler kantor, meubelair rumah sakit dan lain sebagianya. Namun bagi sebagaian masyarakat tidak menyebutnya demikian.
Disini saya akan membahas tentang mebeler sekolah yang saat ini menjadi trend didunia pendidikan. Sebenarnya ini bukan trend baru namun bisa dikatakan trend “abadi’ dalam dunia pendidikan. Kenapa hal bias begitu? Model mebeler sekolah baik itu berupa meja dan kursi siswa, meja dan kursi guru maupun rak buku maupun almari dari dulu hingga sekarang tidak mengalami banyak perubahan bentuk dan modelnya, kaluapun ada perbedaan itu bukan hal yang prinsipil. Akan tetapi yang patut dibahasa adalah bahan atau kayu yang digunakan dalam membuat mebeler sekolah itu sendiri.
Jepara terkenal dengan kota ukir yang memberikan produk mebelnya dengan kualitas dan keindahan ukirnya memiliki daya seni yang tinggi. Kayu yang digunakan dalam memproduksi mebelnya adalah kayu jati dan kayu mahoni meski ada beberapa yang menggunakan kayu keras lainnya seperti kayu mindi, kayu kamper, kayu akasia dan kayu “doyo” lainnya. Semua jenis kayu memiliki keunikan dan kualitasnya sendiri akan tetapi kayu jati adalah jenis kayu yang paling kuat dan paling baik untuk membuat perabotan. Untuk itu lembaga pendidikan di Jepara lebih banyak menggunakan mebeler sekolahnya dengan kayu jati.
Berikut ini adalah contoh gambar mebeler sekolah yang menggunakan kayu jati. Diantaranya adalah meja sekolah jati, kursi sekolah jati, meja guru jati, kursi guru jati, rak buku perpustakaan dan bangku tunggu sekolah serta meja dan kursi siswa rangka besi.

Meja dan kursi sekolah rangka besi

Meja dan kursi sekolah rangka besi